Sabtu, 08 November 2014

Euro Trip ke 3 - Switzerland (Swiss): Zurich, Luzern, Pilatos 2014

Tanggal 4 Okt 2014 dari Milan kami menuju Zurich melewati Lugano. Pemandangan di Lugano sangat exotic berupa bukit-bukit pegunungan Alpen dilengkapi dengan danau-danaunya sehingga kami putuskan mampir di Lugano. Namun karena lokasi danaunya agak jauh dr stasiun dan hanya ada transportasi taxi maka kami memutuskan untuk photo2 aja di sekitar stasiun.
Perjalanan dari Milan ke Lugano dengan kereta cepat
Pemandangan di Lugano 1
Pemandangan di Lugano 2

Dari Lugano lanjut ke Zurich, lagi2 kami disuguhi pemandangan yang amazing kali ya bahasanya, pegunungan alpen, danau, dan bukit2 hijau lengkap dengan rumah khas swiss dan sapinya. Sampai di Zurich jam 7 malam dan rencana besuk paginya mau lanjut ke Paris. Namun ternyata tiket eurail tidak berlaku dari Zurich karena traffic sangat sibuk dan penuh, sehingga masih terkena charge lumayan mahal kalo ke Paris dan akhirnya kami memutuskan untuk explore Swiss padahal sudah terlanjur booking hotel di Paris. Saat tiba di Zurich saya merasa ada yang berbeda yang mana orang sangat helpfull dan ramah. Kesimpulan ini muncul dari ramahnya orang-orang yang saya tanyain arah di stasiun dan juga petugas hotel. Namun demikian pertama datang ke Zurich seperti datang ke planet mars, dimana-mana tidak ada tulisan informasi dalam bahasa inggris even hanya "exit".

Tgl 5 okt pagi kami menuju ke stasiun kereta dan melewat tempat parkiran sepeda. Ternyata penduduk setempat banyak yang ke stasiun kereta dengan bersepeda. Tujuan kami pagi itu adalah menuju Luzern, untuk menuju ke salah satu area pegunungan Alpen. Zurich-Luzern memerlukan waktu 1 jam.

Parkir sepeda di samping stasiun

Penjaja Makanan di Luzern

Berikut photo photo di Danau Luzern, seberang stasiun kereta Luzern
Danau di Stasiun kereta Luzern

Cuaca saat itu berkabut sehingga kami ragu apakah akan melanjutkan perjalanan ke gunung Pilatos atau tidak. Untuk menuju gunung dari luzern masih harus naik boat menuju alpnachstad tempat stasiun kereta ke Puncak Pilatos. Jd dari alpnachstad ke puncak gunung naik kereta khusus. Dari stasiun luzern ke Puncak Pilatos kena charge 47 CHF per orang (mata uang swiss Confoederatio Helvetica Franc) dengan naik boat lanjut naik kereta. Karena sudah kepala tanggung akhirnya kami memutuskan tetap pergi dan hasilnya tidak mengecewakan (doa orang berhati suci selalu terkabul hehe), perlahan kabut menghilang.

Pemandangan selama naik boat pun amazing banggets, tak henti-hentinya kami berfoto selama perjalanan.

Dan akhirnya kami sampai di stasiun kereta ke Pilatos di Alpnachstad, seperti gambar berikut.

Saya mengambil photo inii dari kereta menuju puncak gunung pilatos.

Berikut ini adalah hasil photo di puncak Pilatos, salah satu bukit di pegunungan Alpen. Puncak ini sepertinya masih belum terlalu tinggi sehingga belum ada saljunya.

Di gunung ini banyak sekali burung gagak sehingga waktu kami makan di di restoran di puncak gunung ini ditemani banyak sekali burung gagak.

Karena pemandangan Alpen sangat menarik kami asik berpoto dan sampai ketinggalan boat kembali dari Alpnachstad ke luzern. Padahal kami sudah beli ticket PP. Untungnya di alpnachstad ada kereta ke luzern yg bisa dinaiki dengan tiket eurail. Untuk menuju ke alpnachstad sebenarnya memang bisa ditempuh dengan kereta, tetapi pemandangan sepanjang naik boat terlalu sayang untuk dilewatkan. Namun karena perjalanan pulang sudah sore malah kebetulan kami ketinggalan boat karena malah bisa naik kereta gratis dengan eurail dengan waktu yang lebih cepat.

Kami tiba di zurich lagi sekitar jam 7 malam, dan lanjut keliling kota. Nggak banyak yg kami temui di kota ini, kami hanya berphoto di beberapa spot yg kami anggap menarik.

Satu lg yg menarik, ketika kami ke supermarket, di sini orang belanja, suruh hitung sendiri total harganya, bayar pakai kartu  tanpa ditungguin petugas. Bener2 cerminan kondisi negara dg angka kejahatan terkecil di dunia.