Rabu, 24 Desember 2014

Saudi Arabia (Umroh) (Desember 2014)

MADINAH

Perjalanan umroh saya ini menggunakan pesawat Saudi arabia airline jenis air bus dengan daya tampung sekitar 750-an penumpang dari Jakarta langsung ke Madinah tanpa transit. Buat temen-temen yang mau umroh saya sarankan menggunakan agent yang pesawatnya langsung ke Madinah karena selain lebih cepat, energy kita tidak terkuras di perjalanan baik di Jeddah maupun perjalanan Jeddah ke Madinah apalagi kalau transit ke kota lain seperti Bangkok atau lainnya. 

Berangkat dari Jakarta tgl 15 Des 14 jam 06:00, tiba di Jawharatal Sima hotel di Madinah jam 11:00 di hari yang sama, dilanjutkan makan siang, masuk kamar dan langsung ke Masjid Nabawi untuk sholat Dzuhur. Saya dapat info dari temen yang berangkat tgl 15 Des jam 10 via Bangkok dan Jeddah, sampai ke Madinah baru tgl 16 dini hari. 

Jawharatal Sima hotel, 10 menit dari masjid Nabawi

View dari dalam kamar hotel

Keistimewaan Masjid Nabawi dan beberapa tempat di Madinah antara lain:
A. Sholat di masjid Nabawi 
Sholat di masjid nabawi pahalanya sama dengan 1000 kali sholat di Masjid lain. Jadi selama di Madinah targetnya harus sholat fardu di Nabawi. Kebetulan agent kami juga mengeset agar setiap kali ada city tour harus balik ke masjid Nabawi sebelum waktu Dzuhur. Alhamdulillah selama di Madinah selalu dapat mejalankan sholat fardu di masjid Nabawi.
Masjid Nabawi di sore hari

Masjid Nabawi Menjelang waktu Maghrib

Pintu Utama Masjid Nabawi

Masjid Nabawi mempunyai halaman depan, samping kanan kiri maupun belakang yang sangat luas. Di masing- masing halaman dilengkapi dengan payung cantik seperti gambar di bawah ini.


Di masjid nabawi saya juga menyempatkan diri sholat di serambi rumah rasullullah dan di tempat yang dulunya diperuntukkan untuk para sufi, berupa sebuah panggung di dalam masjid.

Serambi rumah rasulullah

Tempat sholat para Sufi

Desain masjid Nabawi saya lihat ada 2, yaitu area masjid aslinya dan area perluasan yang desainnya berbeda.
Dalam masjid Nabawi di area perluasan

Dalam masjid Nabawi di area masjid aslinya

Lokasi Imam di masjid Nabawi

B. Rhaudah.
Doa-doa yang dipanjatkan dari Raudhah ini diyakini akan dikabulkan oleh Allah swt. Raudhah terletak di antara mimbar dengan makam (dahulu rumah) Rasulullah. Diterima dari Abu Hurairah, bahwa Nabi bersabda (yang artinya):
"Tempat yang terletak di antara rumahku dengan mimbarku merupakan suatu taman di antara taman-taman surga, sedang mimbarku itu terletak di atas kolamku." (Riwayat Bukhari)

Untung selama di Madinah saya banyak dapat kesempatan untuk berdo'a di raudhah. 
1. Hari pertama baru tahu posisi raudhah setelah sholat ashar, tempat sangat penuh sehingga tidak bisa masuk.
2. Hari ke dua jam 02:30 sd sholat subuh jam 06:00
3. Hari ke tiga jam 03:30 sd sholat subuh jam 06:00, 11:30 sd sholat dzuhur jam13:00 
4. Hari ke empat jam 11:30 sd sholat dzuhur jam13:00
sehingga bisa puas sekali do'a, sholat tahajud, sholat hajat, baca al quran di tempat yang sangat mustajab.

Raudhah dibuka untuk wanita pada jam 08:00-11:00, 21:00-23:00, hanya dibuka 50%, sisanya masih untuk kaum pria.
Raudhah sehabis dibersihkan sehabis dipakai untuk kaum wanita. Raudhah ditandai dengan karpet hijau. Area lain di masjid Nabawi berkarpet merah.

Muazzin di masjid Nabawi, saya sempat bersalaman juga dengan muazzinnya. Posisi panggung muazzin ini juga di dalam Raudhah.

Mimbar rasulullah

Untuk mempermudah mengetahui posisi dalam masjid Nabawi, terlampir saya sertakan sketsa denah masjid Nabawi:

Setiap menjelang sholat maghrib di masjid akan digelar menu buka puasa berupa kurma, kue khas arab dan minuman. Namun saya amati setelah makan dan minum yang manis, mereka tidak berwudhu lagi, sepertinya makan dan minum tidak membatalkan wudhu, asalkan di dalam mulut tidak ada makanan/minuman yang tersisa (masih berasa).
Buka puasa bersama di masjid Nabawi

C. Ziarah di makam Rasulullah di dalam masjid Nabawi


D. Ziarah di makam Abu bakar dan Umar Bin khatab di dalam masjid nabawi


E. Ziarah di makam Baqi
Jannatul-Baqī‘ adalah sebuah pemakaman yang berseberangan dengan masjid nabawi annatul-Baqī‘ berarti Taman Surga. Di antara para sahabat yang dimakamkan di sini ialah Usman bin Affan (Khalifah Rasul yang ketiga), Abbas bin Abd al-Muthallib (paman kandung Nabi Muhammad SAW), dan sebagian dari syuhada yang gugur pada perang Badar dan Uhud. 

Sedangkan di antara keluarga Nabi yang dimakamkan di sini ialah para istri Nabi seperti Siti Aisyah binti Abu Bakar, Ummu Salamah, Juwairiyah, Zainab, Hafsah binti Umar ibn al-Khattab, Shafiyah, dan Mariyah al-Qibthiyah. Ikut juga dimakamkan di sini putra-putri Nabi Muhammad SAW tercinta, Ibrahim, Zainab, Ummi Kaltsum, Siti Fatimah dan juga cucu Nabi Hasan bin Ali. Karena banyak para sahabat, para syuhada dan keluarga Nabi yang dimakamkan di pemakaman tersebut, maka berziarah ke tempat ini menjadi salah satu yang dianjurkan terhadap jemaah haji dan ummat islam lainnya. 

Silsilah rasulullah yang dipajang di depan makam

Di dalam makam Baqi


F. Masjid Quba
Masjid Quba adalah masjid pertama yang dibangun oleh rasulullah pada tahun 1 Hijriyah atau 622 Masehi di Quba. Rasulullah SAW meletakkan batu pertama tepat di kiblatnya dan ikut menyusun batu-batu selanjutnya hingga bisa menjadi pondasi dan dinding masjid. Barang siapa sholat di masjid Quba pahalanya sama dengan ibadah umroh..

G. Jabal Uhud
Jabal Uhud (gunung Uhud), adalah gunung batu berwarna kemerahan. Jabal Uhud adalah bukit yang dijanjikan di syurga. Ini karena pada perang ini Rasulullah S.A.W tercedera ketika berperang dengan orang kafir, baginda dibawa ke dalam gua yang terdapat di Bukit Uhud. 

Dalam peperangan itu juga, gigi Rasulullah S.A.W. patah. Wajah dan bibir Rasulullah s.a.w. turut luka akibat terkena lontaran batu oleh tentera kafir. Di bukit inilah terjadi perang dahsyat antara kaum muslimin melawan kaum musyrikin Mekah. Dalam pertempuran tersebut gugur 70 orang syuhada di antaranya Hamzah bin Abdul Muthalib, paman Nabi Muhammad saw. Kecintaan Rasulullah saw pada para syuhada Uhud, membuat beliau selalu menziarahinya hampir setiap tahun. Untuk itu, Jabal Uhud menjadi salah satu tempat penting untuk diziarahi

Selama di Madinah, alhamdulillah ibadah dapat saya jalani dengan lancar tanpa halangan yang berarti.

MEKAH

Berangkat dari Madinah ke Mekah jam 14:30 dan mengambil miqat di bir ali. Untuk melakukan umroh kita harus miqat dulu di tanah halal dan untuk yg berangkat dari Madinah, miqatnya di Bir Ali. Di Bir Ali kami sholat tahiyatul masjid 2 rakaat dilanjutnya sholat ihram 2 rakaat.

Suasana di Bir Ali

Miqat di tanah halal? Lah emangnya Mekah tanah haram? Bukannya Mekah itu tanah suci? Saya juga baru tahu jawabnya saat umroh ini? Mengapa Mekah di sebut tanah haram karena secara umum di Mekah kita diharamkan untuk membunuh binatang liar atau mencabut tanaman liar atau mengambil "sesuatu" dari Mekah dibawa ke luar Mekah. Untuk miqat umroh yang kedua dilakukan di Ji'ranah.
Ambil Miqat di Ji'ranah

Perjalanan dari Bir Ali ke Mekah lumayan menakjubkan juga. Kanan kiri yang ada hanya tanah gersang dan bukit batu seakan tak ada kehidupan. 



Sampai di Mekah jam 22:30 dan kami langsung menjalankan umrah wajib. Rukun umrah ada 5 yaitu:
1. Niat, niat kami panjatkan bersama-sama di dalam mobil setelah mengambil miqat.
2. Tawaf, berjalan mengelilingi kabah.
Photo diambil dari lower tawaf ring.

Photo diambil dari higher tawaf ring.

3. Sa'i, berjalan/berlari kecil bolak-balik antara Al Safa dan Al Marwa.
Al Safa

AL Marwa

4. Tahalul (menggunting rambut)
5. Tartib (dilakukan secara berurutan)

Sholat di masjidil haram pahalanya sama dengan 10.000 kali sholat di masjid lain, dan alhamdulillah selama di Mekah kami (Saya Istri, Ibu) bisa selalu sholat fardu di masjidil haram. Saat sholat di masjidil haram, ketika sholat di area yg tidak bisa melihat ka'bah suasana hati saya tak jauh berbeda ketika sholat di masjid lain. Tapi saat sholat dengan bisa melihat ka'bah secara langsung hati saya luluh dan saya tidak bisa membendung air mata apalagi saat sholat di tempat yang bisa melihat pintu ka'bah, saya ngerasa bahwa itu adalah pintu surga, bukan lagi air mata yg menetes tapi tangisan pun pecah tak tertahankan. Aku begitu kecil, aku banyak berdosa, mampu dan pantaskah aku melewati pintu surga? Maka dari itu saya memperbanyak sholat di depan pintu ka'bah.

Saya agak kecewa karena salah satu misi saya ada yang tidak tercapai yaitu sholat di shaft pertama di depan pintu ka'bah. Pencapaian terbaik adalah di shaft ke 3. 

Posisi sholat yang saya lakukan sbb:
a. Hari pertama, jumat 19 des 14.
1. Subuh : lantai 1 pintu utama masjid (king fahad gate). Kami memilih tempat ini karena agar dekat dengan pintu keluar menuju hotel karena kami baru menyelesaikan umroh yg pertama dari jam 24:00 sd 03:00. Rombongan rata-rata langsung pulang hotel, tapi Saya, Istri dan Ibu tetap bertahan di masjid menunggu sholat subuh.
Lantai 1 Gate King Fahad

2. Jumatan: lt 3
lantai 3 masjidil haram

3. Ashar belakang ka'bah
4. Magrib belakang imam, sekitar shaft 10. Posisi imam di samping pintu kabah.
5. Isya' di belakang imam depan pintu ka'bah.


b. Hari kedua
6. Subuh depan ka'bah lantai 2
7. Dzuhur jamaah dg ibu dan istri (kami melakukan city tour dan ambil miqat di Ji'ranah dan kami ketinggalan sholat dzuhur berjamaah, dan kami melanjutkan umroh yg kedua.
8. Ashar depan ka'bah. Kami menyelesaikan tawaf sebelum sholat ashar sehingga kami bisa langsung booking shaft di sekitar ka'bah.
9. Maghrib lantai 3 higher ring tawaf. Kami baru selesai melakukan sa'i mendekati waktu maghrib sehingga tidak punya waktu lagi untuk bergerak mendekati pintu ka'bah.
10. Isya': lantai 2 depan ka'bah. Sebenarnya saya ingin kembali sholat di sekitar ka'bah, namun waktu maghrib dan isya terlalu pendek sehingga jamaah jarang yang pulang kembali sehingga ketika kami menuju ka'bah dari al safa, pintu sudah ditutup oleh askar.

c. Hari ke 3
11. Subuh di lantai 2 area depan. Kami kecapekan di hari kedua, tidur baru bisa jam 23:00 sehingga kami memutuskan untuk jalan ke masjid jam 4 sehingga sudah tidak mungkin lagi menuju sekitar ka'bah.
12. Dzuhur, 13. ashar, 14. maghrib depan pintu ka'bah. Untuk menyahur kegagalan kami untuk sholat di sekitar ka'bah maka kami memutuskan untuk stand by di sekitar kabah dari dzuhur sd isya'. Dan saking asyiknya, kamipun tidak merasa lapar walau tidak makan siang (setelah subuh kami ke hotel dan kembali ke masjid lagi jam 10:00).
15. Isya' di belakang ka'bah. Sebenarnya saya berhasil menduduki shaft 1 di belakang imam, namun saya digeser oleh sekelompok orang yg seperti berkuasa di situ, sempet saya protes tapi karena mereka jauh lebih senior dan berjenggot panjang pula akhirnya saya mengalah dan gagal mendapatkan shaft di belakang imam lagi. Dengan langkah lesu akhirnya saya berjalan menuju belakang ka'bah dan sholat di sana.

d. Hari ke empat
Hari ke empat kami hanya dapat sholat subuh karena jam 7:00 harus sudah kumpul di hotel untuk berangkat ke bandara King Abdul Aziz Jeddah, sehingga kami sholat di depan dekat gate King Fahad (masih di dalam masjid)

Jadi ada 9 kali sholat fardu yang sholatnya dekat sekali dengan ka'bah (dot merah) 
Posisi sholat di sekitar ka'bah

Untuk tawaf tidak dipisah antara laki dan perempuan, tapi kalau sholat area lintasan tawaf khusus diperuntukkan untuk laki-laki. Jadi sekitar 45 sd 60 menit sebelum waktu sholat, jamaah boleh mulai membentuk shaft sholat, tergantung petugas yngg jaga, sering kali jamaah yg melakukan tawaf complaint karena tawafnya terganggu karena pembentukan shaft sholat terlalu cepat. Sementara kalau kita berdiam menunggu timing diperbolehkannya membentuk shaft sering kali kita diusir oleh askar (polisi masjid) karena akan membuat tawaf macet. Sementara jamaah yang menduduki shaft seringnya bukan pelaksana tawaf. Jd agar dapat sholat di sekitar ka'bah kita harus segera menghentikan tawaf untuk booking shaft. Kalau kita tetap tawaf bisa jadi justru lama-lama kita akan digiring keluar lintasan tawaf.

Karena seharian di sekitar ka'bah akhirnya saya berhasil mendokumentasikan prosesi di area sekitar imam menjelang sholat.
1. Shaft sekitar imam telah terbentuk, sekitar 10 orang di shaft pertama dan 10 orang di shaft kedua akan di usir oleh askar karena area ini akan digunakan untuk sholat para panitia sholat.
2. Area sekitar imam akan dibersihkan oleh office boy dan disemprot dengan wewangian termasuk ka'bah.

3. Office boy menggelar karpet untuk imam dan shaft pertama.

4. Tempat imam telah siap, askar membuat jalur untuk masuknya imam dengan meminta jamaah di area tersebut untuk bergeser.

5. Imam masuk ke posisi imam, iqomat dikumandangkan. Jarak antara imam stand by dengan waktu iqomat sangat singkat.

6. Sholat dilakukan. Ketika imam mengucap salam kedua sebagai tanda bahwa sholat selesai, jamaah langsung menyerbu hajar aswad, imam langsung kembali di bawah pengamanan askar dan shaft langsung bubar dengan waktu yang sangat singkat.
Foto Imam sholat ashar

Foto Imam sholat maghrib

Sementara jamaah berebut untuk memegang/mencium hajar aswad dan pintu ka'bah jamaah lain menyerbu Hijr Ismail untuk tempat sholat. Hijr ismail saat sholat fardu tidak diperbolehkan untuk tempat sholat.Kabah dulunya bukan kotak tetapi seperti segi lima. Nah area yg tidak terpakai jadi kabah sekarang ini disebut hijr ismail. Jadi kenapa hijr ismail tidak dipaksi untuk sholat fardu karena hijr ismail ini sama dengan ka'bah. Rasulullah bersabda kurang lebih barang siapa sholat di hijr ismail maka sama halnya dengan telah sholat di dalam ka'bah.
Hijr ismail kosong saat sholat fardu

Satu hal lagi keajaiban yang menunjukkan kebesaran allah, yaitu matahari sering tertutup oleh awan agak kehitaman sehingga panas matahari tertahan dan udara tidak terlalu panas. Padahal di langit yang tidak ada mataharinya terlihat biru dengan awan putih.
Langit biru di satu sisi terlihat di lt 3 (diambil saat saya sholat jum'at)

Awan hitam menutupi matahari

Awan hitam menutupi matahari

Di mekah saya tinggal di hotel saif tawba yang mana view dari dalam kamar adalah hotel hilton. gedung tertinggi no 3 di dunia, setelah Burj khalifa dan Shanghai Tower.

Hotel Saif Tawba

View dari dalam kamar hotel adalah hotel hilton

City Tour
1. Jabal Tsur
Jabal Tsur adalah gunung yang puncaknya terdapat gua yaitu Gua Tsur. Di Gua Tsur inilah dahulu Rasulullah SAW bersembunyi bersama Abu Bakar dari kejaran orang-orang Kafir Quraisy ketika berhijrah dari Mekah menuju Madinah. Dari rumah Abu Bakar beliau bersama-sama dengan Abu Bakar lebih dahulu berlindung bersembunyi di Jabal Tsur dan kemudian menuju Madinah. Sebagian orang-orang kafir Quraisy waktu mengejar Rasulullah SAW ada yang telah sampai di Gua Tsur. Mereka mendapatkan gua tersebut tertutup oleh sarang laba-laba dan nampak burung merpati yang sedang bertelur di sarangnya dekat gua tersebut. Melihat keadaan yang demikian, kaum Quraisy berkesimpulan bahwa Nabi Muhammad SAW dan Abu Bakar Ashiddiq tidak mungkin bersembunyi di gua tersebut karena sarang laba-laba masih bagus dan burung merpati biasanya akan terbang ketika ada orang yang lewat.

Jabal Tsur

Memberi makan burung merpati di sekitar masjidil haram, burung penyelamat rasulullah

2. Jabal Rahmah
Jabal Rahmah adalah bukit kecil yang menjadi tempat bertemunya nabi Adam dan Siti hawa setelah turun dari Surga. Mereka bertemu di puncak bukit ini setelah ratusan tahun lamanya dipisahkan oleh Allah SWT.

Jabal rahmah

Pemandangan dilihat dari jabal rahmah

3. Mina
Mina mendapat julukan kota tenda, karena berisi tenda-tenda untuk jutaan jamaah haji seluruh dunia. Tenda-tenda itu tetap berdiri meski musim haji tidak berlangsung. Mina paling dikenal sebagai tempat dilaksanakannya kegiatan lempar jumrah dalam ibadah haji
Tenda mina

4. Jabal Nur.
Jabal Nur adalah gunung yang puncaknya terdapat gua yaitu Gua Hiro. Di Gua Hiro inilah dahulu Rasulullah SAW menerima wahyu dari Allah SWT yang pertama kali.

Jabal Nur


Febry dan Kunto

1 komentar: